LRI UMY Berkunjung ke PT. Transjakarta, Dyah Mutiarin: Pembahasan Lanjutan Teknis Kerjasama

17 March 2023, oleh: Admin LRI

Yogyakarta (17/3) – Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan kunjungan ke PT. Transjakarta pada Rabu (15/3). Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pembahasan kerjasama Survey Kepuasan Pelanggan mengenai penggunaan moda transportasi umum PT. Transjakarta. Prof. Dyah Mutiarin sebagai Kepala LRI hadir secara langsung didampingi oleh Muhammad Eko Atmojo, M.IP sebagai anggota peneliti. Selain itu, dari pihak PT. Transjakarta juga turut dihadiri oleh M. Budi Susandi sebagai Kepala Divisi Pengembangan Layanan dan SPM, Dwianto H Kepala Divisi Legal dan beberapa lainnya. Sedangkan dari Pihak Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dihadiri oleh Indah Suksma sebagai Pembina dan Sri Wahyuni sebagai Pengurus harian.

Kegiatan diawali dengan kunjungan terhadap ruang command center dan call center PT. Transjakarta. Ruangan tersebut difungsikan sebagai controlling dari pelaksanaan operasional bus baik itu Bus Rapid Transit (BRT), Non -BRT dan Mikrotrans. Tidak hanya itu, aduan teknis di lapangan dan juga aduan konsumen diolah pada ruangan ini.

Bergeser dari tempat command center dan call center, kunjungan dilanjutkan untuk meninjau secara langsung beberapa armada Bus yang berada di PT. Transjakarta. Pada kesempatan ini, terdapat diskusi mengenai kondisi aktual dan juga proses teknis operasional Bus dalam melayani penumpang di Provinsi DKI Jakarta.

Setelah kunjungan ke beberapa tempat, kemudian dilanjutkan pada Koordinasi Pembahasan SKP 2023 yang dilaksanakan pada Ruang Audio Lantai 1 PT. Transjakarta. Selain membahas mengenai kontrak, ketiga pihak juga sepakat dalam membahas strategi teknis pelaksanaan survey yang rencananya akan dilakukan selama 2 bulan sesuai dengan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) yang ditanda-tangani kedua belah pihak.

“UMY sebagai penyedia jasa dan YLKI sebagai surveyor merupakan mitra kita dalam menyusun SKP Tahun 2023. Tentunya, pembahasan teknis dengan keterlibatan semua pihak serta bertemu secara langsung ini memang lebih efektif untuk menjabarkan semuanya. Terutama mengenai pembagian tugas dalam pekerjaan SKP yang berkualitas.” Ujar Budi Susandi di Ruang Audio 1.

Senada dengan hal tersebut, Prof. Dyah Mutiarin juga menyampaikan komitmennya untuk membuat SKP Tahun 2023 dapat memunculkan hasil yang berguna bagi PT. Transjakarta dan masayrakat.

“SKP Tahun 2023 yang kemudian dipercayakan kepada UMY melalui LRI ini kita akan laksanakan dengan komitmen yang tinggi. Saya juga sudah berdiskusi dengan Bu Yuni dan Bu Indah dari YLKI untuk bersama mewujudkan pelaksanaan survey yang berkualitas dan melalui strategi yang disepakati bersama.” Tegasanya, di Ruang Audio 1. (Syafiq)