LP3M UMY Gelar Rapat Persamaan Reviewer Pengabdian Masyarakat 2020/2021
Guna meningkatkan sinergitas seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Divisi Pengabdian Masyarakat LP3M UMY mengadakan Rapat Persamaan Persepsi Reviewer Pengabdian Masyarakat. Acara ini berlangsung pada Senin (14/06), secara luring di Gedung Ibrahim lantai 5 UMY.
Acara ini secara khusus dihadiri oleh para reviewer pengabdian masyarakat dan tim dari Biro Sistem Informasi UMY yang akan menjelaskan teknis monitoring dan evaluasi melalui SIMLITABMAS pengabdian masyarakat kepada para reviewer. Sebelum pada teknis monev melalui SIMLITABMAS, Dr. Adhianty Nurjanah S.Sos., M.Si, selaku Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat LP3M UMY memberikan pemaparan mengenai apa saja ketentuan yang perlu dilakukan oleh para reviewer selama proses monitoring dan evaluasi pengabdian masyarakat oleh dosen tahun 2020/2021.
Dihadiri pula oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UMY, Prof. Dr. Sukamta., ST., IPM. Dalam sambutannya ia mengungkapkan bahwa UMY patut bersyukur atas prestasi yang dicapai dalam bidang pengabdian masyarakat di dua tahun terakhir ini, hal ini dikarenakan UMY dalam bidang ini berada di peringkat yang sangat baik. Dalam sambutannya ia menekankan bahwa meskipun peringkat UMY sudah baik, tapi UMY juga perlu mempersiapkan diri untuk pemeringkatan pengabdian masyarakat selanjutnya di tahun 2022. Inilah kemudian, menurutnya, urgensi dari meningkatkan kualitas dan kuantitas luaran atau (output) dari kegiatan pengabdian masyarakat di tahun 2021 ini.
Salah satu luaran dari pengabdian masyarakat tersebut ialah artikel ilmiah yang mana nanti akan diarahkan untuk dipresentasikan di Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat ke 4 tahun 2021, pada bulan Agustus mendatang. Dalam hal ini, ia berpesan untuk menjaga kualitas artikel. “Sehubung dengan Semnas Pengabdian Masyarakat yang akan kita adakan lagi di bulan Agustus ini, kita perlu menjaga kualitas artikel, khususnya artikel yang ditulis oleh dosen-dosen kita di UMY,” pesan Sukamta pada para reviewer yang hadir baik secara luring maupun daring.
Dr. Adhianty Nurjanah S.Sos., M.Si, dalam momen pemaparannya mengungkapkan bahwa selama dua tahun terakhir ini Divisi Pengabdian Masyarakat LP3M UMY di bawah tanggung jawabnya, telah berusaha untuk membuat sistem manajemen pengabdian masyarakat yang lebih baik dari sebelumnya. “Namanya sesuatu hal yang baru pasti perlu waktu. Di awal-awal adanya perubahan manajemen ini ada juga yang komplain ke saya, tapi kami berusaha untuk menjelaskan kalau ini kita bangun agar kualitas kita semakin baik. Alhamdulillah hasilnya sangat baik seperti yang kita tahu sekarang” ujarnya kepada para reviewer. Dalam pemaparannya, Dr. Adhianty mengharapkan kesedian dari para reviewer untuk bisa membantu proses monitoring dan evaluasi kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan baik.
Kepala LP3M UMY, Dr. Ir. Gatot Supangkat., M.P., IPM yang turut hadir dalam agenda ini memberi pesan kepada reviewer untuk senantiasa berkomunikasi kepada Divisi Pengabdian Masyarakat jika sekiranya ada hal yang menyulitkan. Ia juga berharap agar proses monitoring dan evaluasi nantinya akan berjalan lancar.